Seleksi Masuk PTN Berbeda Dari Tahun Lalu

Suasana sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), di Auditorium Untan, Rabu (09/01/2019) pagi. Netizen.media

Netizen.media – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Universitas Tanjungpura (Untan) melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2019, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Kemenag Kalbar, dan sejumlah Kepala Sekolah dari SMA di Kalbar, Rabu (09/01/2019) pagi.

Bertempat di gedung auditorium Untan, sosialisasi ini dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB.

my home

Dalam sosialisasi ini dijelaskan adanya tiga jalur yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Diantaranya jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dengan daya tampung minimal 20 persen, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) minimal 40 persen, dan Seleksi Mandiri PTN maksimal 30 persen dari kuota daya tampung tiap program studi di PTN, bagi seluruh PTN di Indonesia.

Humas Universitas Tanjungpura Pontianak, Aguz Mirza menjelaskan, kuota daya tampung dalam tahun 2019 ini sedikit berbeda dibanding tahun 2018 lalu.

“Tahun ini memang ada perubahan dari tahun sebelumnya, di mana kuota untuk SNMPTN minimal 30 persen turun menjadi 20 persen,” katanya.

Turunnya kuota untuk SNMPTN menjadikan kuota untuk SBMPTN meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya, atau menjadi 40 persen.

Hal ini kata Aguz, akan semakin menekan angka pemalsuan nilai-nilai yang bisa saja terjadi di jalur SNMPTN dan memberikan peluang bagi calon-calon generasi untuk bersaing secara sehat, terbuka dan transparan.

Selain perbedaan kuota daya tampung dari tahun lalu, perbedaan lain terletak pada metode masuk PTN yang kali ini menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menggantikan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). UTBK ini diperuntukkan untuk jalur SBMPTN dan jalur mandiri.

UTBK sendiri nantinya akan menjadikan SBMPTN tidak lagi menggunakan tes. Tetapi tergantung dari nilai UTBK yang dihasilkan calon mahasiswa. Nilai UTBK nantinya juga dapat digunakan dalam jalur mandiri.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...