Medsos Telah Menggerus Peran Informasi Lainnya yang Benar

Gubernur Kalbar, Sutarmidji melantik Komisi Informasi Provinsi Kalbar, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (10/01/2019). Foto: Humas Pemprov Kalbar
Gubernur Kalbar, Sutarmidji melantik Komisi Informasi Provinsi Kalbar, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (10/01/2019). -Foto: Humas Pemprov Kalbar

Netizen.media – Komisi Informasi Provinsi Kalbar yang baru dilantik, diharapkan segera mengedukasi masyarakat; bagaimana ber-Media Sosial (Medsos) secara baik dan bijak.

“Karena sekarang Medsos sudah mengurangi peran informasi lainnya yang benar,” kata Sutarmidji, Gubernur Kalbar, ketika melantik Komisi Informasi Provinsi Kalbar, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (10/01/2019).

my home

Menurut Midji–sapaan Sutarmidji–para pengguna Medsos itu kebanyakan bukan orang-orang yang mempunyai ilmu di bidang informasi dan komunikasi.

“Sehingga yang disampaikannya itu termasuk informasi yang tidak terfilter dengan baik ke masyarakat. Sehingga menimbulkan berita hoaks,” jelas Midji.

Di sinilah, lanjut Midji, peran Komunikasi Informasi untuk mengawasi dan mengedukasi para pengguna atau pemilik akun Medsos.

“Semua yang memiliki Medsos bisa jadi pelaku penyebaran hoaks. Namun itu semua bisa kita tekan dengan edukasi bagaimana ber-Medsos secara baik dan bijak,” ucap Midji.

Kedewasaan dalam ber-Medsos, tegas Midji, dapat menekan penyebaran hoaks yang dapat merusakan tatanan di tengah masyarakat.

“Kita tidak bisa bersembunyi dengan data-data palsu untuk membuat suatu postingan atau menyampaikan informasi palsu yang bisa menimbulkan kerugian bagi orang lain,” ujar Midji.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...