Suriansyah Dukung Penuh Revitalisasi Pelabuhan Sintete

Suriansyah
Suriansyah

Netizen.media – Menyusul pembangunan Pelabuhan Samudera di Kijing, Kabupaten Mempawah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan PT Pelabuhan Indonesia II atau Indonesia Port Corporation (IPC) akan merevitalisasi Pelabuhan Sintete, Kabupaten Sambas.

“Kami menyambut baik rencana revitalisasi Pelabuhan Sintete itu. Karena memang sangat potensial dikembangkan sebagai Pelabuhan Pengumpan untuk Pelabuhan Samudera di Kijing,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/01/2019).

my home

Legislator Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Sambas ini mengungkapkan, melalui Pelabuhan Sintete, banyak hasil bumi–terutama di sektor pertanian dan perkebunan–yang bisa diekspor, atau dipergadangkan untuk antarpulau.

Menurut Suriansyah yang juga Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalbar ini, revitalisasi Pelabuhan Sintete akan berdampak sangat luas bagi pembangunan di Kabupaten Sambas.

Selain itu, lanjut dia, akan mendorong pembentukan usaha-usaha baru atau kawasan industri perkotaan di Kecamatan Semparuk, Pemangkat dan sekitarnya.

“Saya pikir, dengan revitalisasi Pelabuhan Sintete ini akan mendorong pengembangan industri pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sambas,” ujar Suriansyah.

Seperti diketahui IPC membangun berbagai fasilitas di Pelabuhan Sintete. Di antaranya jembatan timbang, guna meningkatkan produktivitasnya.

Pembangunan fasilitas jembatan timbang tersebut juga untuk menjamin keselamatan pelayaran. Lantaran barang yang dimuat di kapal diketahui beratnya secara akurat. Sehingga risiko over kapasitas dapat dihindari.

Pelabuhan Sintete juga dilengkapi Pompa Crude Palm Oil (CPO), fasilitas pelengkap untuk menghadapi perkembangan sektor perkebunan kelapa sawit di Provinsi Kalbar.

Sebagai titik temu antartransportasi darat dan laut, revitalisasi dan optimalisasi Pelabuhan Sintete berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah hinterland.

Pelabuhan Sintete diharapkan menjadi pemicu tumbuhnya berbagai jenis usaha dan mengundang investor. Sehingga roda perekonomian di daerah sekitarnya dapat tumbuh dengan baik.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...