Polres Kayong Utara Mulai Bergerak Wujudkan Desa Mandiri

Para peserta diskusi menuju Desa Mandiri dan Desa Mandiri Kamtibmas, di halaman Rumah Dinas Kapolres Kayong Utara, Sabtu (12/01/2019). -Foto: Humas Polda Kalbar-
Para peserta diskusi menuju Desa Mandiri dan Desa Mandiri Kamtibmas, di halaman Rumah Dinas Kapolres Kayong Utara, Sabtu (12/01/2019). -Foto: Humas Polda Kalbar

Netizen.media – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar telah meminta jajaran Polri untuk turut mewujudkan Desa Mandiri. Polres Kayong Utara pun langsung start; mengumpulkan tokoh masyarakat dan pejabat untuk mendiskusikan skemanya.

“Satu-satunya Desa Mandiri di Provinsi Kalbar ini adalah Desa Sutera, tepat di tengah Ibukota Kabupaten Kayong Utara,” kata AKBP Asep Irpan Rosadi, Kapolres Kayong Utara, ketika mengawali Diskusi Desa Mandiri, di halaman rumah dinasnya, Sabtu (12/01/2019).

my home

Sebagaimana rilis yang disampaikan Kaur Lipprodok Humas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiyudin, diskusi yang dipimpin Asep ini dihadiri Kepala Dinas Sosial Perdayaan Perempuan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PPPM) Kabupaten Kayong Utara, Fahrun Nasmji.

Ikut pula para Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun dan tokoh masyarakat Desa Sutera di Kecamatan Sukadana. Kemudian dari Telok Melano, Simpang Hilir, Telok Batang, dan Seponti.

Kapolres Asep yang pernah menjadi Kapolsek di Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mengatakan, membangun Indonesia dimulai dari desa seperti yang dilakukan Desa Sutera memang mesti diwujudkan.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi (tengah) memimpin Diskusi menuju Desa Mandiri dan Desa Mandiri Kamtibmas, di halaman Rumah Dinasnya, Sabtu (12/01/2019). -Foto: Humas Polda Kalbar-
Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi (tengah) memimpin Diskusi menuju Desa Mandiri dan Desa Mandiri Kamtibmas, di halaman Rumah Dinasnya, Sabtu (12/01/2019). -Foto: Humas Polda Kalbar-

Desa Sutera yang sudah menjadi Desa Mandiri, tentunya dapat menjadi percontohan (pilot project) bagi desa-desa lainnya untuk mandiri, bukan hanya di Kayong Utara, tetapi juga di kabupaten lainnya di Provinsi Kalbar.

“Artinya ini menjadi ide awal kreasi desa membangun. Karena di desa itu pusat berbagai potensi. Mari memajukan desa,” ajak Asep.

Mantan Koorspripim Polda Kalbar ini mengungkapkan, Desa Mandiri ini sejalan dengan program unggulan Polres Kayong Utara, yakni menjadikan setiap desa memiliki ketahanan sosial yang kuat.

Ketahanan sosial tersebut sangat penting dalam upaya mencegah dan menanggulangi segala gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) secara mandiri.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono memastikan, jajarannya mendukung penuh upaya Pemprov Kalbar untuk mewujudkan Desa Mandiri.

“Ini juga harus kita dukung sama-sama. Karena pembangunan itu mesti merata. Dari desa ke kota. Dikelola sumber daya manusia, dan alamnya juga dijaga secara arif dan bijak,” papar Didi.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...