Lupa Cabut Kunci, Motor Digasak Maling

Tersangka AI dan AS
Tersangka AI dan AS

Netizen.media – Apes. Warga Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara, Triaji Budi Agung kehilangan motor maticnya yang baru 15 menit di parkir, saat berkunjung ke rumah sahabatnya di Jalan KH Wahid Hasyim.

Kejadian pada Selasa (05/02/2019) sekitar pukul 16.45 WIB tidak akan dilupakan Triaji. Apalagi penyebabnya, karena lupa mencabut kunci maticnya saat di parkir.

Kapolsek Pontianak Kota, Kompol Abdullah Syam mengatakan, aksi pencurian ini untungnya terekam Kamera Pengintai (CCTV), hingga akhirnya kasus ini berhasil diungkap.

“Saat kita memeriksa rekaman CCTV, terlihat ada dua orang laki-laki yang diduga sebagai pelaku, yang membawa kabur motor korban,” kata Abdullah, kepada wartawan, Sabtu (09/02/2019).

Setelah melakukan penelusuran, pihak kepolisian kemudian mengetahui identitas pelaku, yakni AI (25), warga Gang Kasuari Jalan Merdeka, dan AS (21) warga Gang Pakis Jalan RE Martadinata.

Hingga akhirnya pada hari Kamis (07/02/2019) sekitar pukul 16.00 WIB, petugas mengetahui lokasi kediaman AI. Di rumah AI, inilah petugas mendapati sepeda motor matic yang serupa dengan motor korban.

“Untuk mengelabuhi petugas, motor hasil curian itu sudah ia ganti platnya. Sementara plat asli dia buang di belakang rumah,” ungkap Abdullah.

Tetapi petugas tidak mudah tertipu. Karena setelah dicek secara seksama, diketahui nomor rangka motor tersebut cocok dengan di STNK motor korban. “Atas temuan itu, kita mengamankan AI. Tanpa perlawanan,” papar Abdullah.

Dari hasil interogasi, AI berterus terang bahwa dirinya bersama AS melakukan aksi pencurian itu.  Pelaku mengaku, saling bekerja sama melancarkan aksinya.

Abdullah melanjutkan, petugas kemudian mengembangkan kasus dari hasil interogasi AI. Hingga akhirnya keberadaan AS diketahui. “AS berhasil diamankan di rumahnya di Jalan Martadinata di hari yang sama,” ucapnya.

Keduanya pelaku ini pun lantas digelandang ke Mapolsek Pontianak Kota guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Hasil interogasi terhadap AS, pelaku dikatakan Abdullah diajak oleh AI untuk mengambil motor. Motor yang dicuri tersebut rencananya akan digunakan AI untuk pemakaian pribadi.

AS juga mengaku tidak dijanjikan apa-apa, dan hanya membantu atas dasar pertemanan.

Dari tangan keduanya petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor merek Mio Soul GT dengan plat palsu, serta behel matic yang sempat dilepas pelaku.

AI dan AS disangkakan dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...