Selaraskan Kecamatan dengan Kabupaten

Rencana Pembangunan Daerah

Atbah Romin Suhaili
Atbah Romin Suhaili

Netizen.media – Rencana pembangunan kecamatan mesti selaras dengan di tingkat kabupaten. Agar pembangunan menjadi terarah dan sukses. APBD Kabupaten Sambas pun akan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

“Saya betul-betul berharap, semua usulan masyarakat mengarah pada fokus pembangunan kita,” kata Atbah Romin Suhaili, Bupati Sambas, saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sambas, Senin (11/02/2019).

Fokus pembangunan tersebut sesuai dengan visi dan misi yang dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sambas. Ini merupakan kesepakatan semua.

“Jika itu menjadi kesepakatan kita, maka diharapkan dana Rp1,6 Triliun yang menjadi APBD Kabupaten Sambas itu, efektif dalam upaya membangun daerah kita,” ujar Atbah.

Usulan pembangunan yang disampailan dalam bentuk proposal, kata Atbah, juga mesti searah dengan RPJMD Kabupaten Sambas.

“Bagaimana mencapai kesuksesan pembangunan jika anggaran dan proposal pembangunan melenceng dari kesepakatan RPJMD,” ingat Atbah.

Ia mengungkapkan, pada Musrenbang 2017-2018, usulan pembangunan hampir Rp41 Triliun. Hanya dalam satu tahun. “Sedangkan APBD Sambas Rp1,6 Triliun, dan 45 persen bahkan hampir 50 persen dari nilai tersebut untuk belanja pegawai,” ujar Atbah.

Lantaran jauh lebih besarnya usulan pembangunan dibandingkan dana yang tersedia itulah, Atbah berharap, penggunaan APBD dapat efektif dan efisien.

“Uang ini harus efektif. Jangan ada korupsi dalam penggunaannya. Ini kita ingatkan kepada Kadis, Kabag dan Kasi. Efektifkan ini untuk kegiatan-kegiatan pembangunan bagi masyarakat,” tegas Atbah.

Sementara itu, Camat Sambas, Alpian mengatakan, Musrenbang Kecamatan Sambas ini sebagian besar diarahkan ke pembangunan fisik. Semoga dapat dipenuhi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas.

“Sebanyak 75 persen Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan (DU-RKP) masih masuk dalam kegiatan infrastruktur. Sedangkan 15 persennya untuk ekonomi dan pemberdayaan. Mudah-mudahan apa yang ditetapkan dalam Musrenbang Desa dapat terkover,” harap Alfian.

Usulan tersebut, tambah Alpian, akan disampaikan kembali dalam Musrenbang Kabupaten Sambas oleh tiga perwakilan dari Kecamatan Sambas.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...