Tingkatkan Percepatan Akses Keuangan Daerah

Ria Norsan
Ria Norsan

Netizen.media – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar meminta Bank Kalbar bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalbar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalbar serta perangkat daerah, baik di provinsi maupun kabupaten/kota dapat bekerjasama dalam meningkatkan percepatan akses keuangan daerah.

“Untuk meningkatkan literasi keuangan yang direncanakan pada 2019 ini mencapai 36 persen,” kata Ria Norsan, Wakil Gubernur Kalbar, kepada wartawan, Jumat (15/02/2019).

Literasi keuangan merupakan suatu proses atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan keyakinan (confidence) masyarakat, agar mereka mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki peran dan fungsi membangun perekonomian Kalbar, menurut Norsan, Bank Kalbar harus memudahkan masyarakat untuk berinteraksi.

Hal tersebut, tambah dia, sangat penting dilakukan agar masyarakat semakin percaya, serta mendorongnya untuk memanfaatkan produksi dan jasa Bank Kalbar.

“Tentu akan dapat mendorong perekonomian masyarakat manjadi meningkat. Pendapatan Bank Kalbar pun juga akan meningkat,” ujar Norsan.
Dia menjelaskan, peran dan fungsi BUMD serta sistem perbankan nasional telah mendukung visi dan misi Pemprov Kalbar. Guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Di antaranya, lanjut Norsan, dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mempercepat pengentasan kemiskinan, pemerataan pendapatan, serta dapat mengurangi kesenjangan antarindividu dan daerah.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...