Saber Pungli akan Masuk Kampus, Aswandi: Kita Dukung

Aswandi
Aswandi

Netizen.media – Maraknya isu terkait rencana Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang hendak merambah ke dunia kampus, mendapat respon positif dari Wakil Rektor I Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Aswandi.

“Kita mendukung. Saya kira itu bagus. Satgas Saber Pungli itu memang harus masuk kampus,” kata Aswandi, ketika diwawancarai awak media di ruangannya, Sabtu (23/02/2019).

Aswandi menjelaskan, langkah Saber Pungli tersebut harus didukung civitas akademika, karena kampus merupakan lembaga pendidikan yang harus bagus. “Kalau kampus sudah tidak bagus, hancurlah dunia ini. Apalagi kampus ini kan pencetak cendekiawan,” ujarnya.

Bahkan Aswandi berharap bukan hanya Pungli di kampus yang harus diberantas. “Kalau perlu memang dibersihkan semuanya, tidak hanya Pungli. Kalau perlu KKN-nya (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) juga ikut diberantas,” katanya.

Aswandi lalu menuturkan suatu cerita dari Mantan Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Abraham Samad kepada dirinya. Bahwa sebagian besar koruptor ternyata merupakan orang yang memiliki pendidikan tinggi.

“Saya pernah diceritakan langsung oleh Abraham Samad. Waktu itu dia menyatakan 51 persen koruptor itu ternyata lulusan S2 dan S3,” tutur Aswandi.

Mestinya kan, lanjut dia, orang itu makin pintar makin tinggi sekolahnya, harusnya semakin mengerti mana perbuatan baik dan buruk.

“Belum lagi yang tidak ditangkap. Nah itu kan artinya ada indikasi bahwasanya perguruan tinggi ada masalah dalam penegakan hukum,” timpal Aswandi.

Mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untan Pontianak ini juga menjelaskan, bahwasanya praktik Pungli rentan terjadi pada momen penerimaan mahasiswa baru.

“Secara umum, bukan di Untan saja kita mendengar seringnya Pungli itu ada ketika momen penerimaan mahasiswa baru. Di mana-mana kita pernah mendengar,” ungkap Aswandi.

Menyoal bagaimana bentuk dukungan kampus terhadap rencana Satgas Saber Pungli ini, Aswandi mengaku masih menunggu dari pihak yang bersangkutan.

“Tetapi kalau ditanya kesiapan, saya sangat siap. Bahkan kalau saya diminta jadi ketua di Untan ini pun saya siap,” pungkas Aswandi.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...