Lelang Jabatan Sekda Kalbar Harus Transparan

Suriansyah
Suriansyah

Netizen.media – Proses lelang jabatan (open bidding) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar harus terselenggara dengan baik. Panitia Seleksinya (Pansel) harus mengedepankan transparansi dan bertanggungjawab.

“Tentu kita ingin Sekda Kalbar yang terpilih nanti mempunyai kualitas terbaik, hasil dari berbagai tahapan seleksi. Rekam jejaknya (track record) juga harus baik pula,” kata Suriansyah, kepada wartawan, Selasa (26/02/2019).

Transparansi dan bertanggungjawab dalam proses seleksi Sekda definitif tersebut, menurut Suriansyah, sangat diperlukan. Supaya yang terpilih benar-benar profesional dan kompeten. “Untuk menunjang sistem birokrasi penyelenggaraan pemerintah,” jelasnya.

Sebagai pimpinan tertinggi dalam birokrasi, Sekda Kalbar nantinya dituntut untuk mampu beradaptasi dengan dinamika yang ada dan memahami sistem penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan. “Makanya Pansel harus jujur dalam menyeleksinya,” tegas Suriansyah.

Tim Pansel, lanjut dia, harus independen atau netral. Supaya Sekda terpilih merupakan pejabat yang berintegritas tinggi dan profesional. “Jangan sampai berdasarkan suka dan tidak suka (like and dislike) . Jangan melibatkan perasaan,” kata Suriansyah.

Sekda, menurut Suriansyah, merupakan jabatan strategis. Karena sebagai komunikator Gubernur dan Wakil Gubernur serta Kepala dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain terkait jabatan Sekda, Suriansyah juga berharap penempatan pejabat lainnya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar sesuai dengan kompetensinya. “Punya semangat kerjasama untuk mencapai tujuan-tujuan atau target-target pembangunan,” tuturnya.

“Tempatkan orang-orang terbaik berdasarkan mekanisme yang tepat. Peran Kepala-kepala OPD juga sangat vital untuk menunjang implementasi program yang sudah direncanakan,” tutup Suriansyah.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...