Pahami Dulu Informasi yang Diterima, Jangan Langsung Disebar

Yohanes A
Yohanes A

Netizen.media – Apabila menerima informasi, hendaknya dipahami dulu, jangan langsung disebar atau dibagikan ke orang lain. Ini langkah yang tepat untuk meminimalisir informasi bohong atau hoaks pada musim Pemilu Serentak 2019.

“Jika itu tidak baik, cukup dibaca saja, jangan diteruskan. Karena bisa berpengaruh negatif,” harap Yohanes A, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Landak, Senin (18/03/2019).

Dia berharap demikian, karena ada kecenderungan masyarakat, baru saja membaca sedikit informasi yang diterima, bahkan hanya melihat judulnya, langsung di-share.

Hal tersebut sangat disayangkan. Seharusnya dipertimbangkan dulu, apakah informasi itu bermanfaat atau malah menyebabkan kerusakan kalau disebar.

“Jangan sampai di antara kita saling bentrok gara-gara Pemilu. Beda pendapat itu demokrasi, tetapi jangan sampai mendatangkan kebencian dan permasalahan di antara kita,” ingat Yohanes.

Ia pun mengingatkan kepada peserta Pemilu dan pendukung, jangan menerapkan kampanye yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat. “Politik uang, ujaran kebencian jangan sampai dilakukan,” tegas Yohanes.

Ia menyarankan semua pihak menerapkan kampanye damai, menyampaikan visi dan misi, adu program untuk meningkatkan pembangunan.

“Kampanye jangan menjurus pada isu SARA (Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan), hoaks dan ujaran kebencian. Kampanyelah yang positif agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar aman dan lancar,” pesan Yohanes.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...