DPRD Sambas Kecewa Penanganan Jembatan Amblas Sungai Kajang

Warga berupaya menyeberangkan sepeda motor menggunakan jembatan darurat dari kayu, Sabtu (16/03/2019). -Foto: Warga Subah-
Warga berupaya menyeberangkan sepeda motor menggunakan jembatan darurat dari kayu, Sabtu (16/03/2019). -Foto: Warga Subah-

Netizen.media – Komisi III DPRD Kabupaten Sambas kecewa dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas. Lantaran lamban menangani amblasnya jembatan di Sungai Kajang, Kecamatan Subah.

“Kita mengerti kewenangan jalan tersebut di provinsi. Tetapi respon cepat Pemkab Sambas harus ada. Mengingat jembatan tersebut di wilayah Kabupaten Sambas. Demikian juga yang menggunakannya, warga setempat. Harusnya cepat direspon, supaya mobilitas warga tidak tertahan, ” ujar Erwin Saputra, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sambas, Selasa (19/03/2019).

Dia mengungkapkan, jembatan Sungai Kajang itu amblas pada Sabtu (16/03/2019) silam. Namun hingga hari ini, arus lalulintas Subah-Sambas masih lumpuh, kendaraan roda empat ke atas tidak bisa melintas.

Seharusnya, kata Erwin, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sambas bisa menyediakan jembatan darurat. Supaya mobilitas warga tetap bisa berjalan.

“Bayangkan, sudah empat hari aktivitas masyarakat lumpuh akibat amblasnya jembatan tersebut. Berapa miliar kerugian masyarakat kita karena tidak bisa melintas di situ, harus memutar ke Singkawang menuju Sambas,” papar Erwin.

Distribusi Barang Pokok dan Penting (Bapokting) yang seharusnya bisa dari Sambas menuju Bengkayang, kini tidak bisa lagi. “Supaya ini tidak terulang, diharapkan ke depan Dinas PUPR sudah mempersiapkan jembatan darurat, jangan meminjam dari provinsi saja,” ujar Erwin.

Terkait kunjungan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili setelah amblasnya jembatan tersebut, menurut Erwin, hanya melihat-lihat tanpa memberikan solusi yang cepat untuk kepentingan masyarakat.

Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) III Sambas ini juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar secepatnya membuat jembatan darurat di lokasi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.