Tukar Rokok dengan Buah-buahan di Area CFD

IMM Avicenna Fikes UMP mensosialisasikan bahaya TBC dan mendorong masyarakat untuk menukar rokonya dengan buah, di area CFD Pontianak, Minggu (24/03/2019) pagi.
IMM Avicenna Fikes UMP mensosialisasikan bahaya TBC dan mendorong masyarakat untuk menukar rokoknya dengan buah-buahan, di area CFD Pontianak, Minggu (24/03/2019) pagi.

Netizen.media – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Avicenna Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) membuka stand penukaran rokok dengan buah-buahan di area Car Free Day (CFD), Minggu (24/03/2019) pagi.

“Satu bungkus rokok, berapa batang pun isinya dapat ditukarkan dengan satu piring buah-buahan,” kata Edy Roly, Ketua Umum PK IMM Avisenna Fikes UMP, di temui Netizen.media, di area CFD Jalan A Yani Pontianak.

Edy Roly
Edy Roly

Kegiatan yang menyediakan lima jenis buah-buahan untuk ditukar dengan rokok dan dibuka selama dua jam sejak pukul 06.00 WIB ini, jelas Edy, merupakan rangkaian peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia setiap 24 Maret.

Kegiatan ini terbilang unik, belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga menjadi pusat perhatian. Lantaran masyarakat penasaran dengan ide kreatif kaum intelektual tersebut.

Stand Penukaran Rokok dengan Buah-buahan
Stand Penukaran Rokok dengan Buah-buahan

“Ini merupakan ide dari rekan-rekan di kepengurusan IMM yang ingin mengedukasi masyarakat, bahwa rokok juga merupakan faktor risiko berkembangnya mycrobacterium tuberculosis dalam tubuh manusia,” ungkap Edy.

Melalui stand ini diharapkan masyarakat, khususnya di Kota Pontianak bersedia menukar kebiasaan buruknya; mengisap rokok dengan mengonsumsi buah-buahan yang tentu lebih sehat bagi tubuh.

Selain mendorong masyarakat untuk menukarkan rokoknya, para mahasiswa yang tergabung dalam IMM ini juga mensosialisasikan tentang bahaya penyakit Tuberkulosis atau lebih dikenal dengan TBC.

“TBC ini merupakan penyakit infeksi menular yang paling mematikan di dunia. Bahkan lebih mematikan dari penyakit HIV/AIDS. Tetapi masyarakat kebanyakan kurang menyadarinya,” ungkap Edy.

Selain mensosialisasikan ke masyarakat yang datang untuk berolahraga atau bersantai di area CFD Kota Pontianak, IMM juga membagi-bagikan poster dan masker kepada pesepeda.

Anggota IMM UMP membagikan masker ke pesepeda di area CFD Pontianak, Minggu (24/03/2019) pagi.
Anggota IMM UMP membagikan masker ke pesepeda di area CFD Pontianak, Minggu (24/03/2019) pagi.

“Melalui program ini kita berharap akan tumbuh kesadaran dalam diri setiap orang untuk berperilaku hidup sehat, dan terhindar dari penyakit TBC,” tutup Edy.

imm ump

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...