Bobol ATM Pakai Linggis, Tapi Linggisnya yang Patah

Mesin ATM BRI di Jalan Tanjung Raya II, Kecamatan Pontianak Timur rusak parah, Selasa (26/03/2019).
Mesin ATM BRI di Jalan Tanjung Raya II, Kecamatan Pontianak Timur rusak parah, Selasa (26/03/2019).

Netizen.media – Permainan “Seberapa gregetnya lo?” yang sempat tren, patut dialamatkan kepada penjahat yang satu ini. Sudah bersusah payah membobol ATM BRI di Jalan Tanjung Raya II Kecamatan Pontianak Timur menggunakan linggis, malah linggisnya yang patah.

Celakanya lagi, kalaupun aksi pria tidak dikenal pada Selasa (26/03/2019) pukul 02.19 WIB itu berhasil, hanya akan mendapatkan uang tunai Rp100 Ribu yang terdiri atas 2 lembar pecahan Rp50 Ribu.

“Dilihat dari rekaman CCTV, pelaku bersangkutan mengenakan jaket, helm hitam, celana hitam, serta menggunakan sepeda motor,” kata Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Kapolresta Pontianak yang meninjau langsung ATM BRI di sebelah Pasar Pagi Parit Mayor itu.

ATM BRI samping Pasar Pagi Parit Mayor
ATM BRI samping Pasar Pagi Parit Mayor

Pelaku yang melakukan percobaan pembobolan ATM ini, kata Anwar, hanya seorang diri. Belum bisa diidentifikasi dari rekaman CCTV, karena wajahnya tertutup jaket.

Anwar mengungkapkan, pelaku menggunakan linggis dan batako untuk mendongkel boks penyimpanan uang di ATM tersebut. Namun linggisnya patah.

Kondisi TKP berantakan akibat ulah pelaku. Selain mesin yang dirusaknya, ditemukan pula patahan linggis dan batako.

“Kerugian materil masih kita selidiki karena yang bersangkutan belum berhasil membuka berangkas dari ATM,” timpal Anwar.

Pihak kepolisian saat ini masih terus melakukan olah TKP dan mencari bukti-bukti petunjuk di sekitar ATM Bersama ini, untuk mendapatkan jejak pelaku.

Melihat hasil perbuatannya, Anwar menduga, pelaku percobaan pembobolan ATM ini masih pemula. Nekat beraksi karena tidak ada penjaga malam, baik di Rumah Toko (Ruko) sekitar maupun pasar.

“Dengan kasus semacam ini, hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk pengamanan ATM tersebut, dan ATM lainnya,” kata Anwar.

Sementara itu, Monitoring PT Advantage, pihak ketiga yang mengelola ATM BRI tersebut, Faisal Huda menjelaskan, sebetulnya ATM itu akan diisi pada Senin (25/03/2019) pukul 19.00 WIB atau beberapa jam sebelum dibobol.

Namun karena ATM sedang bermasalah, kata Faisal, pengisian itupun dibatalkan. “Rencananya hari ini mau diisi. Rupanya tadi pagi dapat info begini, jadi kita cancel lagi,” paparnya.

Kendati belum sempat diisi, Faisal memastikan masih ada uang di ATM tersebut. Hal ini berdasarkan data transaksi yang dipegang pihaknya. “Tidak sampai jutaan. Sisa Rp100 Ribu, dua lembar pecahan Rp50 ribu,” ungkapnya.

ATM BRI

Namun kerusakan mesin akibat ulah pelaku, kata Faisal, mencapai jutaan rupiah. “Masih bisa dibetulkan, cuma harus menunggu parts,” tutupnya.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...