Ciptakan Wasit Sepakbola yang Berkualitas dan Profesional

Pembukaan kursus wasit di Aula Yon Armed Ngabang, Kami (28/03/2019).
Pembukaan kursus wasit di Aula Yon Armed Ngabang, Kami (28/03/2019).

Netizen.media – Kursus wasit sepakbola C-II dan C-III tingkat Kalbar yang berlangsung selama sepekan hingga 3 April 2019 di Ngabang, mendapat apresiasi luar biasa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak.

“Jangan sampai meluluskan peserta yang tidak pantas lulus,” kata Ocin, Staf Ahli Bupati Landak, ketika membuka Kursus Wasit Sepakbola di Aula Yon Armed 16 Komposit Ngabang, Kamis (28/03/2019).

Ocin berharap, kursus ini melahirkan wasit yang berkualitas dan profesional. Sehingga dapat memajukan olahraga sepakbola di daerah.

Di luar negeri, kata Ocin, olahraga yang merakyat dan melibatkan banyak orang, baik pemain, panitia maupun penonton ini, telah dijadikan industri.

“Sehingga olahraga ini selalu bekerjasama dengan sektor lainnya, seperti pariwisata. Agar setiap yang datang bukan hanya menyaksikan pertandingan sepakbola, tetapi juga sambil berekreasi,” papar Ocin.

Di Kabupaten Landak, ungkap dia, setiap tahun digelar pertandingan sepakbola. Namun sifatnya masih berupa hiburan, belum mencetak pemain terbaik. “Jadi tidak ada meningkatkan pembinaan prestasi,” ujarnya.

Dengan hadirnya wasit-wasit berkualitas dan profesional, diharapkan pertandingan sepakbola itu bukan sebatas hiburan, namun melahirkan atlet berprestasi.

Di tempat yang sama, Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalbar, Setyo Gunawan mengatakan, wasit berkualitas sangat penting dalam suatu pertandingan sepakbola.

Olehkarenanya, Setyo berharap, semua peserta kursus wasit ini menjadi yang terbaik untuk memajukan olahraga sepakbola. “Dengan komitmen bersama bahwa apa yang sudah dilakukan itu bisa bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Senada juga dengan yang disampaikan Ketua Askab PSSI Kabupaten Landak Erani. “Kami berharap kursus ini menciptakan wasit terbaik untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kursus Wasit, Yohanes A menjelaskan, pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA) di bidang perwasitan.

“Melalui kursus ini diharapkan wasit lebih baik lagi dan profesional. Menjadi wasit itu memang sulit, sehingga perlu kursus atau pelatihan,” kata Kadis Kominfo Landak ini.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...