Kota Pontianak Bangun Mimbar STQ Permanen di Atas Air

Launching STQ Nasional XXV 2019 di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (28/03/2019). -Foto: Humas Pemkot Pontianak-
Launching STQ Nasional XXV 2019 di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (28/03/2019). -Foto: Humas Pemkot Pontianak-

Netizen.media – Setelah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV 2019, Kota Pontianak, Provinsi Kalbar akan membangun mimbar permanen di atas air Sungai Kapuas.

“Mimbarnya didesain berbentuk tanjak khas Melayu, dilengkapi pernak-perniknya,” kata Edi Rusdi Kamtono, Ketua Harian STQ Nasional XXV 2019, ditemui usia Launching STQ Nasional XXV di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (28/03/2019).

Mimbar tilawah tersebut akan dibangun di kawasan Taman Alun-alun Kapuas; lokasi pembukaan dan penutupan STQ Nasional XXV 2019. “Ini akan menjadi ikon sejarah bahwa STQ Nasional XXV digelar di Kota Pontianak,” kata Edi.

Selain kawasan Taman Alun-alun Kapuas, kata Wali Kota Pontianak ini, titik-titik lokasi STQ Nasional lainnya juga akan dibenahi. Di antaranya Tugu Khatulistiwa.

“Tepat di titik nol derajat, nol menit dan nol detik, akan kita tempatkan mimbar tilawah berbentuk bola dunia,” ungkap Edi.

Tugu Khatulistiwa juga dipilih sebagai lokasi STQ Nasional, jelas Edi, karena ini merupakan ikon Pontianak sebagai satu-satunya kota yang dilintasi khatulistiwa atau garis tengah bumi. “Nanti di sana akan ada hal-hal unik dan benar-benar Instagramable,” katanya.

Lokasi STQ Nasional lainnya juga terus dibenahi, seperti Masjid Mujahidin, Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, untuk menyambut tamu-tamu atau kafilah dari seluruh Indonesia.

Edi mengungkapkan, pembukaan STQ Nasional XXV nanti akan dimeriahkan dengan 25 kali dentuman meriam karbit khas Pontianak.

Untuk lebih menyemarakkan even nasional ini, Pemkot Pontianak juga membuka pameran dan menggelar berbagai perlombaan yang mengarah pada STQ Nasional XXV.

“Harapan saya seluruh warga Kota Pontianak ikut memeriahkan STQ Nasional XXV, baik dengan terlibat langsung maupun tidak,” tutup Edi.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...