Kampung Beting Wajib Dibangun Secara Terencana

Syarif Ishak Ali Almutahar
Ishak Ali Al Muthahar

Netizen.media – Anggota DPRD Provinsi Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pontianak, Ishak Ali Al Muthahar menilai, Kampung Beting wajib dibangun secara terencana.

“Sayang jika Kampung Beting tidak dibangun,” ujar Ishak Ali ketika dimintai tanggapan tentang progres pembangunam di Kecamatan Pontianak Timur, Sabtu (30/03/2019).

Menurutnya, mengamati pembangunan di Kota Pontianak, sejauh ini semakin baik. Namun kelemahan itu masih ada. Misalkan saja di kawasan Pontianak Timur, terkhusus di Kampung Beting.

“Seserius apa pemerintah, mulai dari regulasi hingga sampai riil pembangunan di Kampung Beting seperti apa,” kata Ishak Ali.

Mengingat Kampung Beting tidak ada tanah dan rumah berdiri di atas air, bagaimana sistem administrasi berupa Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Di sini perlunya regulasi atau payung hukum, tentunya yang pro dengan masyarakat.

Berkaitan dengan perencanaan pembangunan, Ishak Ali mengatakan penataan perlu dilakukan instansi terkait. “Beting jika dibangun, ditata pemerintah dengan baik dan seserius mungkin. Akan menjadi suatu ikon menarik. Saya yakin berkaitan dengan ini,” ucapnya.

Namun dilihat dari pembangunan yang ada, dirinya tidak ingin pembangunan dan penataan atau perencanaan asal-asalan saja, melainkan harus serius dan matang.

“Jika ini dilakukan dengan baik oleh pemerintah, Beting akan maju, karena masyarakat di sana semakin berkembang dan sudah maju,” ucap Ishak Ali.

Ia mengungkapkan, ikon wisata menarik di pinggiran Sungai Kapuas, khususnya di Kecamatan Pontianak Timur, ada Istana Kadriyah dan Masjid Jami yang menjadi bagian penting sejarah berdirinya Kota Pontianak.

“Ada potensi wisata menarik, tentunya harus dipikirkan pemerintahan. Maka dari itu perlu regulasi, baik itu regulasi untuk masyarakat, pembangunan dan anggaran. Sehingga terfokus,” kata Ishak Ali.

Ditambahkan Ishak Ali, bila melihat aliran Sungai Kapuas dan Sungai Landak, menjadikan Kampung Beting lebih maju akan menjadikan kawasan ini sebagai segitiga emas yang bernilai jual tinggi.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...