Pelayanan Kesehatan Belum Cukup Tanpa Ini

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa saat Pelantikan Penguru IDI Landak di Aula Bappeda, Rabu (03/04/2019).
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa saat Pelantikan Penguru IDI Landak di Aula Bappeda, Rabu (03/04/2019).

Netizen.media – Kualitas pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat belumlah cukup apabila tidak didukung dengan penerapan nilai-nilai moral dan etika profesi yang tinggi.

“Demikian pula di bidang kedokteran. Pelaksanaan nilai-nilai luhur profesi sangat diperlukan,” kata Karolin Margret Natasa, Bupati Landak, ketika menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Landak, di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Landak, Rabu (03/04/2019).

Politisi yang pernah menjadi bidan di Puskesmas Mandor ini meminta para dokter yang tergabung dalam IDI Landak meningkatkan profesionalismenya. “Untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Landak yang sehat,” kata Karolin.

Dia mengingatkan, upaya untuk menyehatkan bangsa ini salah satunya melalui profesionalisme di bidang kedokteran. “Senantiasa berupaya untuk meningkatkan dan memelihara pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, merata dan terjangkau,” ujar Karolin.

Sebagai satu-satunya organisasi profesi dokter, kata Karolin, IDI bertanggungjawab terhadap kualitas pelayanan para dokter di Kabupaten Landak

“Mutu yang dimaksud adalah pemenuhan standar profesi, etika atau kode etiknya. Seorang dokter harus memegang teguh etika kedokteran yang menjadi penentu keluhuran profesi ini,” terang Karolin.

Untuk itu, Karolin berpesan kepada pengurus IDI yang baru agar bekerja dengan dedikasi yang tinggi dan sikap profesional. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan semua kalangan masyarakat di Kabupaten Landak.

Ia juga berharap, para dokter selalu bekerja dengan sepenuh hati serta tulus, sebagai jembatan mitra kerja antara dokter dengan pemerintah daerah.

“Kembangkan diri dan kapasitas masing-masing, mewujudkan cita-cita bersama dalam memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Landak ini,” pesan Karolin.

Di tempat yang sama, Ketua IDI Kabupaten Landak, dr Nicolaus Lempan berjanji akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kinerja dan profesionalisme, serta keilmuan para dokter di Kabupaten Landak.

“Sebisa mungkin nantinya kita yang tergabung dalam IDI Kabupaten Landak mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah. Sehingga tidak perlu terlalu jauh mencari ilmu untuk mengembangkan kapasitas keilmuan,” ujar Nicolaus.

Ia pun berharap dukungan moril dan tenaga dari para dokter yang tergabung dalam IDI, agar bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Landak yang sehat.

“Bagaimana caranya kita akan berusaha sebisa mungkin untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat, supaya tingkat kesehatan di Kabupaten Landak ini menjadi lebih baik,” pungkas Nicolaus.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...