APK di Masa Tenang, Ridwan: Pelanggaran Administrasi

APK di dekat Kantor Lurah Sungai Jawi Dalam menunggu giliran untuk ditertibkan, Senin (15/04/2019).
APK di dekat Kantor Lurah Sungai Jawi Dalam menunggu giliran untuk ditertibkan, Senin (15/04/2019).

Netizen.media – Sejak awal masa tenang Pemilu Serentak 2019, Minggu (14/04/2019) dini hari, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pontianak telah bergerak membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Melepas APK merupakan kewajiban peserta Pemilu. Jika tidak, maka kita tertibkan dan ini merupakan pelanggaran administrasi,” kata Ridwan, Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Pontianak, Senin (15/04/2019).

Rawing–sapaan akrab Ridwan–mengungkapkan, penertiban APK bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepolisian ini diutamakan di pinggir-pinggir jalan raya terlebih dahulu.

“Namun semua APK yang masih terpasang di masa tenang ini akan kita tertibkan, di seluruh wilayah Kota Pontianak,” tegas Rawing.

Sebelumnya, lanjut Rawing, Bawaslu sudah memberitahukan kepada seluruh peserta Pemilu untuk melepas sendiri APK-nya. “Ada beberapa yang sudah dilepas, ada yang belum. Yang belum ini kita tertibkan,” terangnya.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), jelas Rawing, penertiban seluruh APK ini dapat dilakukan hingga H-1 pencoblosan. “Hingga besok, terus ditertibkan,” ucapnya.

Ia pun mengimbau seluruh peserta Pemilu mematuhi PKPU tersebut. “Seluruh peserta Pemilu, baik itu Parpol, Tim Paslon dan Caleg, diwajibkan untuk melepas seluruh APK-nya hingga besok. Diharapkan aturan ini dijalankan,” pinta Rawing.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...