Yuks…!!! Pantau Real Count Pilpres 2019 KPU di Link Ini

Real Count KPU
Real Count KPU

Netizen.media – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 telah berakhir. Rakyat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing pada Rabu (17/04/2019).

Sejumlah lembaga survei pun telah mengeluarkan hasil hitung cepatnya (quick count) sejak pukul 15.00 WIB, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Quick count menyebutkan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin unggul dari Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun hasil Exit Poll justru sebaliknya, Capres-Cawapres, Prabowo-Sandi mengungguli perolehan suara pasangan calon Jokowi-Ma’ruf.

Hasil quick count yang bertolak belakang dengan exit poll ini, tentu membuat masing-masing pendukung tertawa lebar. Bahkan sudah mulai ada yang merayakan kemenangan.

Namun, apapun hasil quick count atau exit poll itu, untuk memutuskan siapa yang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI mendatang, tetap otoritas Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hingga kini KPU masih merekapitulasi hasil penghitungan suara di seluruh Indonesia, termasuk luar negeri yang lebih dahulu mencoblos.

Proses perhitungan suara di TPS berlangsung selama dua hari sejak berakhirnya waktu pencoblosan, Rabu (17/04/2019) tadi. Dilakukan secara manual dan terbuka.

Setelah selesai, dokumen penghitungan perolehan suara itu juga diberikan kepada saksi dan pengawas yang turut menghadiri penghitungan.

Selanjutnya, hasil penghitungan suara di setiap TPS digabungkan per kecamatan. Berlangsung sejak 18 April hingga 4 Mei 2019.

Kemudian digabungkan lagi per kabupaten/kota. Proses ini berlangsung sejak 22 April hingga 7 Mei 2019. Dilanjutkan lagi per provinsi di Indonesia sejak 22 April hingga 12 Mei 2019.

Akhirnya rekapitulasi penetapan hasil Pemilu 2019 secara nasional akan dilakukan sejak 25 April sampai 22 Mei 2019 atau hampir satu bulan penuh.

Masyarakat bisa memantau langsung real count ini sedari awal secara terperinci dan lengkap melalui situs resmi yang disediakan KPU disini.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...