Belum Genap 4 Bulan, 30 Kasus DBD di Kabupaten Sanggau

Jones Siagian
Jones Siagian

Netizen.media – Belum genap 4 bulan sejak Januari 2019 hingga sekarang, tercatat 30 kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sanggau dengan korban meninggal satu orang.

“Paling banyak di Kecamatan Kapuas,” ungkap dr Jones Siagian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau via seluler, Senin (22/04/2019).

Secara umum, kata Jones, kasus DBD setiap bulannya pada 2019 ini trendnya menurun.  Berikut rinciannya:

  • Januari: 8 kasus
  • Februari: 6 kasus
  • Maret: 13 kasus
  • April: 3 kasus.

Trend penurunan jumlah kasusnya juga nampak pada data setiap tahunnya. “Pada 2017 di Kabupaten Sanggau ini tercatat 224 kasus DBD, menurun menjadi 171 kasus pada 2018,” kata Jones.

Sepanjang tahun, tambah dia, jumlah kasus DBD di Kabupaten Sanggau ini cenderung fluktuatif, tergantung keaktifan masyarakat menerapkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Olehkarenanya, Jones mengimbau masyarakat untuk menggalakkan 4M Plus, yakni Menutup tempat penampungan air, Menguras tempat penampungan air minimal setiap pekan, Mengubur barang tidak pakai yang dapat menampung air, dan Memantau jentik-jentik setiap pekan.

Sedangkan Plus-nya berarti menghindari gigitan nyamuk menggunakan lotion antinyamuk, menanam tanaman pengusir nyamur, larvasidasi dan memakai kelambu.

“Misalnya bila keluar rumah lalu ketemu kaleng bekas, segera dikubur. Bak mandi rutin dikuras. Hal semacam ini sangat sederhana untuk mencegah DBD, tetapi kadang dianggap enteng,” kata Jones.

Ia mengatakan, Kabupaten Sanggau ini merupakan endemis DBD. Tidak satu pun kecamatannya yang luput dari penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti ini. Namun paling tinggi di Kota Sanggau.

“Karena mobilitasnya tinggi. Diperparah dengan kurang sadarnya masyarakat terhadap DBD. Misalnya di Sanggau ini ada 100 kasus, 60 persennya di Kota Sanggau. Kalau kecamatan lain itu sebenarnya sporadis,” papar Jones.

Tahun ini, kata Jones, DBD masih menjadi perhatian prioritas Dinkes Kabupaten Sanggau. Sehingga rutin melakukan pengasapan (fogging) di sekitar wilayah ditemukannya kasus DBD.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...