Bawaslu Sanggau Tangani 21 Dugaan Pelanggaran

Inosensius
Inosensius

Netizen.media – Hingga kini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sanggau menangani 21 dugaan pelanggaran Pemilu Serentak 2019, terdiri atas 14 temuan dan 7 laporan. Putusannya paling cepat 10 Mei mendatang.

“Kasus yang kita temukan terdiri atas satu pelanggaran administrasi. Sedangkan enam kasus dugaan politik uang (money politic),” kata Inosensius, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (02/05/2019).

Untuk money politic, kata Ino–sapaan Inosensius–merupakan pidana Pemilu. Pembuktiannya membutuhkan beberapa tahap.

“Mulai dari penerimaan laporan, kajian awal, klarifikasi dan penyelidikan. Setelah itu kita akan membuat kajian bersama di Sentra Gakkmudu,” jelas Ino.

Penanganan pidana Pemilu ini, lanjut dia, paling lama 14 hari kerja. “Sedangkan untuk laporan, paling lama tujuh hari sejak diketahui atau ditemukan,” terang Ino.

Di Sentra Gakkumdu, jelas Ino, terdapat Pembahasan I dan II. “Kejaksaan dan Kepolisian mendampingi Bawaslu. Baik dalam klarifikasi dan penyelidikan,” tuturnya.

Setelah tahap demi tahap dilalui, kata Ino, barulah pleno digelar untuk memutuskan apakah diterudkan ke Penyidik atau dihentikan.

Jika ditemukan bukti yang kuat, akan teruskan ke Penyidik. Kejaksaan akan menjelaskan proses penanganannya. “Supaya apabila nanti dilimpahkan ke Pengadilan, berkasnya sudah lengkap,” ucap Ino.

Ia mengungkapkan, sejauh ini sudah banyak saksi yang dipanggil terkait pelanggaran Pemilu. “Konsekuensi administrasi jika terbukti secara masif, terstruktur dan sistematis, berupa pembatalan sebagai calon,” tegas Ino.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...