Didemo Nelayan Sungai Kunyit, Ini Saran Sutarmidji…

Gubernur Kalbar, Sutarmidji di tengah para nelayan Sungai Kunyit yang berunjukrasa di Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (02/05/2019).
Gubernur Kalbar, Sutarmidji di tengah para nelayan Sungai Kunyit yang berunjukrasa di Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (02/05/2019).

Netizen.media – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyarankan nelayan dan buruh togok atau kelong Sungai Kunyit yang belum menerima ganti rugi atas pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing, menempuh jalur Pengadilan.

“Dalam proses itu bisa saja terjadi mediasi dan perdamaian,” ujar Sutarmidji ketika menerima kedatangan nelayan dan buruh togok dan kelong dari Sungai Kunyit, di Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (02/05/2019).

Baca juga: Ini Alasan Nelayan Sungai Kunyit Sampai Ngadu ke Gubernur

Saat ditemui usai menerima para demonstran, Midji–sapaan Sutarmidji–mengaku memahami betul persoalan yang dialami para nelayan di Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah itu.

“Mereka kehilangan pekerjaan secara permanen. Ini yang harus dipikirkan pemerintah dan investor,” jelas Midji.

Ia juga berharap pihak terkait dapat memberikan solusi bagaimana agar para nelayan tersebut mendapat pekerjaan lagi. Misalnya dijadikan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Internasional Kijing.

“Kalau keluarga besar nelayan ini tidak bisa menjalannya secara profesional, silakan mengambil TKBM lain. Sepanjang profesional, serahkan kepada mereka,” kata Midji.

Supaya profesional, jelas Midji, Pemerintah Daerah bisa memberikan pelatihan untuk keluarga besar nelayan yang ingin menjadi TKBM di Pelabuhan Internasional Kijing.

Bisa juga dipekerjan untuk bidang lain di pelabuhan. “Misalkan saja sebagai tenaga sekuriti di pelabuhan, tenaga kebersihan dan taman, serta lain-lainnya yang dapat dikerjakan untuk diberikan kepada mereka,” pinta Midji.

Ia menyampaikan hal tersebut, karena masyarakat yang terdampak ini haruslah mendapatkan sumber matapencaharian kembali. “Untuk ganti rugi dan persolan ini, saya rasa dalam sepekan ini akan ada titik terangnya,” pungkas Midji. Simak videnonya:

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...