Malam Ini Pawai 1001 Obor Kota Pontianak 

Rute Pawai 1001 Obor Kota Pontianak
Rute Pawai 1001 Obor Kota Pontianak

Netizen.media – Untuk menyambut bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah, Aliansi Pergerakan Pemuda Islam (APPI) kembali menggelar Pawai 1001 Obor, Sabtu (04/05/2019) malam ini. Start-finishnya di Masjid Raya Mujahidin.

“Titik kumpul di Masjid Raya Mujahidin Jalan A Yani Kecamatan Pontianak Selatan, waktu pelaksanaannya ba’da Isya,” kata M Alamsyah, Ketua APPI Pontianak.

Adapun rutenya sejauh 5,2 Kilometer. Start di Masjid Raya Mujahidin Pontianak-Jalan Ahmad Yani-Veteran-Gajahmada-Cemara-Ahmad Yani dan Finish di Masjid Raya Mujahidin.

Alamsyah menjelaskan, Pawai 1001 Obor ini sebagai upaya menjaga tradisi dan bagian dari ikon wisata religi saat menyambut bulan suci Ramadan.

pawai obor

Tahun lalu, masyarakat sangat antusias mengikuti pawai obor. Bukan hanya orang dewasa dan pemuda, remaja dan anak-anak juga berpartisipasi aktif. Makanya tahun ini dilaksanakan kembali, dengan harapan lebih meriah lagi.

Alamsyah mengatakan, Pawai 1001 Obor ini tentunya juga sebagai ucapan syukur menyambut bulan suci Ramadan serta mempererat silaturrahmi antara kaum muslimin.

“Secara umum bertujuan mengingatkan warga akan datangnya bulan suci Ramadan serta mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dalam menjalankan ibadah puasa,” jelas Alamsyah.

Dia menjelaskan, banyak makna dari Pawai 1001 Obor ini. Di antaranya, menumbuhkan kembali tradisi lama saat menyambut datangnya bulan puasa. “Kegiatan ini memiliki nilai gotong royong dan juga kebersamaan,” ungkap Alamsyah.

Peserta pawai yang membawa obor akan berjalan kaki seraya melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan pujian kepada Allah Swt

“Pesertanya masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya, baik itu pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, komunitas maupun unsur lainnya,” ungkap Alamsyah.

Acara ini terbuka untuk seluruh muslimin dan muslimat. “Silakan datang, berkumpul. Ini ajang silaturrahmi dan rasa syukur kita selaku umat muslim dalam menyambut bulan suci Ramadan,” ajak Alamsyah.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...