Gara-gara Facebook, Pemuda Ini Digerebek Ratusan Orang

Akun Facebook GV
Akun Facebook GV

Netizen.media – Gara-gara memposting sesuatu berbau sentimen SARA, kontrakan pemuda berinisial Ee (pemilik akun Facebook GV), di Jalan Tanjung Raya II Pontianak, didatangi ratusan warga, Sabtu (04/05/2019) sekitar pukul 23.30 WIB.

“Tercatat ada empat postingannya yang berkaitan dengan ujaran kebencian, menjuru ke SARA,” kata Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Kapolresta Pontianak, kepada wartawan, Ahad (05/05/2019).

Postingan pertama Ee pada 28 Januari, kedua pada 16 Februari, ketiga 23 Februari, dan terakhir 1 Mei 2019. “Pelaku memosting sekitar pukul 21.00 hingga 24.00 WIB,” ungkap Anwar.

Postingan Ee di akun Facebooknya itu memantik kemarahan warga. Kemudian sekelompok pemuda di Kecamatan Pontianak Timur berhasil menemukan kontrakannya.

“Para pemuda itu langsung mengamankan pelaku. Saat itu ada pengamanan dari Polsek dan Koramil. Alhamdulillah situasinya kondusif,” ucap Anwar.

Setelah berhasilan mengamankan pelaku, para pemuda tersebut langsung menggelandangnya ke Mapolresta Pontianak.

“Sekitar 250 orang menyerahkan pelaku ke Polresta untuk diproses hukum lebih lanjut. Kita apresiasi langkah para pemuda ini yang sepenuhnya menyerahkan kasus ini kepada kepolisian,” tutur Anwar.

Laporan kelompok pemuda tersebut sudah ditindaklanjuti. Penyidik sudah menemukan alat bukti postingan ujaran kebencian yang menjurus ke SARA.

Pelakunya sudah diamankan di Mapolresta Pontianak. “Pelaku kita jerat dengan Pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara,” pungkas Anwar.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...