Buat Terobosan agar Posyandu Rutin Dikunjungi

Markus Amid
Markus Amid

Netizen.media – Perlu upaya yang lebih keras dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mendorong supaya para orangtua rutin membawa bayinya ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

“Buat terobosan baru yang kreatif supaya masyarakat mau berkunjung ke Posyandu,” pinta Markus Amid, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, ketika dihubungi Netizen.media, Rabu (08/05/2019).

Langkah-langkah inovatif sangat diperlukan di samping menggencarkan sosialisasi mengenai pentingnya Posyandu. “Tanamkan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya ke Posyandu,” tegas Markus Amid.

Ragam manfaat Posyandu, menurut Markus Amid, harus diketahui masyarakat, seperti kemudahan mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi.

“Masyarakat juga bisa memantau pertumbuhan Balita-nya, sehingga dapat terhindar dari gizi buruk. Informasi semacam ini harus tersosialisasikan dengan baik,” kata Markus Amid.

Di Posyandu, ibu-ibu juga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan diri dan anaknya. “Kelainan atau penyakit-penyakit juga bisa terdeteksi secara dini di Posyandu,” ujar Markus Amid.

Terpenting, lanjut Markus Amid, anak bisa mendapatkan imunisasi lengkap di Posyandu. “Imunisasi sangat berguna bagi tumbuh kembang anak dan membangun sistem imunitasnya,” jelasnya.

Ketika sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya baik, tambah dia, niscaya anak-anak akan terhindar dari berbagai penyakit. “Satu di antaranya difteri,” ungkap Markus Amid.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...