9 ASN Kabupaten Sanggau Dipecat Tidak Hormat

Herkulanus HP
Herkulanus HP

Netizen.media – Gegara terbukti korupsi, 9 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sanggau menerima Surat Keputusan (SK) Pemberhentikan Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau dipecat tanpa uang pensiun.

“Kalau diberhentikan dengan hormat akan mendapatkan uang pensiun,” kata Herkulanus HP, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau kepada wartawan, kemarin.

Herkulanus menjelaskan, 9 ASN itu dipecat secara tidak hormat terhitung sejak 28 April 2019, didasarkan pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri terkait Eks Narapidana korupsi yang harus dipecat.

“Kalau menurut SKB Tiga Menteri itu harusnya paling lambat Desember 2018. Namun karena Bupati kita sebagai petahana (mencalonkan diri lagi untuk periode sepanjutnya), ada kewajiban untuk mendapat izin Mendagri untuk mengeluarkan SK PTDH. Makanya itu berproses dulu,” terang Herkulanus.

Mekanisme atau prosedurnya telah dilalui, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) juga sudah selesai. “Kemarin Mendagri sudah mengekuarkan izin. Sehingga Bupati kita mengeluarkan SK Pemberhentikan ASN itu,” kata Herkulanus.

Ia tidak merinci 9 ASN yang dipecat secara tidak hormat tersebut. Namun dipastikannya yang bersangkutan tidak lagi memegang jabatan. “Sebelum mereka dijatuhi hukuman, memang sudah diberhentikan dari jabatannya. Jadi statusnya staf biasa,” kata Herkulanus.

Keputusan pemecatan ini, jelas Herkulanus, sudah final. Walaupun seandainya yang bersangkutan masih banding melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Herkulanus mengungkapkan, uji materil terhadap SKB Tiga Menteri itu sudah keluar, terkait salah seorang ASN dari Bengkulu. Sudah dimentahkan Mahkamah Konstitusi (MK). “Artinya tidak ada hal-hal yang dilanggar. Jadi, pemberhentian itu tetap harus dilakukan,” tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.