61 CASN 2018 Ikut Diklatsar, Ini Output yang Diharapkan

Kepala BKPSDM Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendro menyematkan tanda kepesertaan Diklatsar CASN Formasi 2018, di Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (15/05/2019). –Foto: Humas Pemkot Pontianak–
Kepala BKPSDM Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendro menyematkan tanda kepesertaan Diklatsar CASN Formasi 2018, di Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (15/05/2019). –Foto: Humas Pemkot Pontianak–

Netizen.media – Demi memperkuat profesionalisme dan kompetensi dalam melayani masyarakat, 61 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Formasi 2018 Kota Pontianak mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar).

“Ini untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme, kebangsaan serta karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab,” kata Multi Juto Bhatarendro, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak.

Multi menyampaikan hal ini ketika membuka Diklatsar di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (15/05/2019).

Pembentukan karakter dalam Diklatsar ini, jelas Multi, terdiri atas penguatan dalam agenda sikap, yaitu bela negara, nilai-nilai dasar CASN, kedudukan dan peran ASN dalam NKRI, dan habituasi.

Agenda ini disusun sedemikian rupa untjk membentuk karakter ASN yang kuat sebagai pelayan masyarakat, perekat pemersatu bangsa dan pelaksana kebijakan publik.

Diklatsar ini, tambah dia, juga dimaksudkan agar CASN siap menjalankan tugas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang merupakan syarat pengangkatan CASN menjadi ASN.

“Proses itu harus saudara ikuti dengan baik dan tekun sebagaimana bagian dari pendidikan formal dalam berkarir di lingkungan birokrasi pemerintahan,” tutur Multi

Kehadiran peserta Diklatsar di jajaran birokrasi, kata Multi, hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemkot Pontianak secara umum.

Sedangkan secara khusus, kehadiran para CASN di perangkat daerah di mana ditempatkan diharapkan akan mampu membantu meringankan beban dan tugas yang menjadi kewajiban perangkat daerah dalam melaksanakan program-program Pemkot Pontianak.

“Untuk itu, saudara harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai dengan kemampuan masing-masing,” pungkas Multi.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.