Apa Kabar Pergerakan Pers Mahasiswa? 

Diskusi LPM WARTA IAIN Pontianak
Diskusi LPM WARTA IAIN Pontianak

Netizen.media – Satu persatu datang ke ruang berukuran lebar berisi kursi merah tertata rapi di atas karpet warna silver, di Gedung UPT Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Sabtu (18/05/2019) pukul 16.00 WIB.

Di depan ruangan terpasang baliho berukuran lebar bertuliskan milad atau ulang tahun ke-15 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) WARTA IAIN Pontianak, Kalimantan Barat.

“Peringatan hari ulang tahun itu bertajuk Quo Vadis Pers Mahasiswa di Era 4.0. Berlangsung sederhana dan menampilkan karya positif untuk bangsa ini,” tutur Ketua Panitia, Hendra Gunawan.

Acara ini, ungkap Hendra, telah dipersiapkan sejak April, termasuk untuk tempat diskusinya. “Kegiatan ini bisa mempererat kekompakan kita bersama,” tutur pria murah senyum ini.

Hendra berharap LPM WARTA yang merupakan wadah seluruh mahasiswa IAIN Pontianak ini bisa berkontribusi besar terhadap pergerakan pers mahasiswa.

Menurutnya, menjadi aktivis pers mahasiswa bukan hal mudah; penuh suka dan duka. Inilah dirasakan mahasiswa yang tergabung dalam LPM IAIN WARTA Pontianak.

Aktivis pers mahasiswa selalu dituntut untuk peka dan mengerti akan ruh pergerakan mahasiswa, dan memperjuangkan hak-hak mahasiswa.

Bahkan harus menyuarakan ketidakadilan di muka bumi dan menjadikan karya digital literasi sebagai ujung tombak aspirasi mahasiswa era sekarang.

“Menulis, memfoto, memvideokan, mengolah dan mengunggah yang lebih bermanfaat,” ucap Hendra sembari berharap pers mahasiswa lainnya tetap terus berbuat nyata demi bangsa yang lebih baik.

Setelah Hendra menyampaikan laporannya dalam milad ini, di sisi lain dalam ruangan itu nampak pria berbadan kurus, menatap tajam seisi ruangan.

Sesekali tangannya menunjuk. Mulutnya komat kamit, berbicara dengan mahasiswa di sebelahnya. Ia adalah Farli Afif, Ketua Umum LPM WARTA IAIN Pontianak.

Saat ditemui, Afif mengaku bangga dengan acara ini. “Senang sekali karena kita sudah memasuki tahun ke-15 LPM yang penuh perjuangan dan juga kerja keras dari kawan-kawan, sangat luar biasa,” ucap penghobi desain grafis ini.

Melalui Milad LPM WARTA IAIN Pontianak yang bertemakan Quo Vadis Pers Mahasiswa di Era 4.0 ini, Afif berharap seluruh aktivis pers mahasiswa mampu berinovasi dalam dunia digital di era kekinian.

“Untuk meningkatkan literasi para konsumen kita di lingkungan Kampus IAIN dan juga di masyarakat luar,” ujar pemilik akun YouTube Farli Afif ini.

Dia berharap, seluruh angkatan, penggurus dan keluarga besar LPM WARTA IAIN Pontianak terus berkarya, memperjuangkan hak-hak mahasiswa, dan menjadi pelaku sejarah literasi digital.

“Bergerak, berbuat nyata. Terus berjuang kawan-kawan, mengutamakan aspirasi, semangat dan terus menjaga kekompakan,” seru pemilik akun Twitter Farli Afif ini mengakhiri.

(Penulis: Imam Maksum)

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.