Minat Masyarakat Kubu Raya ke Posyandu Menurun

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyerahkan insentif kepada kader Posyandu, di Gardenia Resort Kubu Raya, Jumat (24/04/2019). –Foto: Humas Pemkab Kubu Raya–
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyerahkan insentif kepada kader Posyandu, di Gardenia Resort Kubu Raya, Jumat (24/04/2019). –Foto: Humas Pemkab Kubu Raya

Netizen.media – Sejak beberapa tahun terakhir, minat masyarakat untuk pergi ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) menurun. Hal ini tentu saja mengancam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Kubu Raya.

“Olehkarenanya, kader Posyandu harus giat mengajak masyarakat, khususnya para ibu bayi dan Balita untuk ke Posyandu setiap bulan,” kata Muda Mahendrawan, Bupati Kubu Raya, ketika memberikan insentif untuk kader Posyandu, di Gardenia Resort Kubu Raya, Jumat (24/05/2019).

Selain gencar mengajak masyarakat, kata Muda, kader Posyandu diharapkan dapat memberikan kepastian standar pelayanan minimal terhadap ibu dan anak, sejak masa kehamilan hingga pascapersalinan.

Kader Posyandu, ingat Muda, merupakan penggerak yang bisa mengurangi angka kematian ibu dan bayi, serta menekan jumlah penderita kekurangan gizi akut atau stunting.

“Sasaran utama Posyandu itu mempercepat upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi melalui sejumlah prioritas pelayanan kesehatan,” jelas Muda.

Selain peningkatam kinerja kader Posyandu, Muda juga berharap partisipasi seluruh komponen komponen masyarakat ditingkatkan untuk menekan kasus kematian ibu dan bayi, serta mengantisipasi gizi buruk.

Partisipasi masyarakat yang dimaksudkan Muda tersebut berupa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Ini pilihan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara sistematis dan terencana,” ujarnya.

Menurutnya, Germas harus menjadi acuan bagi semua pihak untuk meningkatkan derajat kesehatan dalam lingkup tanggung jawab masing-masing.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kubu Raya, Marijan mengungkapkan, hingga kini tercatat 475 unit Posyandu di Kubu Raya dengan 4.335 kadernya.

Tidak menutup kemungkinan, kata Marijan, dari total Posyandu di Kubu Raya itu masih ada yang belum berjalan optimal. “Posyandu semacam ini akan terus kita bina,” katanya.

Kalau memang Posyandu tersebut tidak aktif, lanjut Marijan, akan dilihat dulu permasalahannya, apakah memang karena sumberdaya manusianya yang kurang mampu atau lainnya.

“Kita tingkatkan pembinaan terhadap Posyandu dimaksud. Tetapi kalau tidak ada perubahan setelah ditingkatkan, ya mungkin harus ada pengkaderan baru,” papar Marijan.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...