Taufiq: Pengembangan Kompetensi ASN Bukan Hanya Diklat

Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN-RI Taufiq
Taufiq

Netizen.media – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantam Barat mengadakan Diseminasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah bagi Bupati dan Wali Kota se Kalimantan Barat di Aston Pontianak Hotel dan Covention Center, Rabu (24/07/2019).

Diseminasi tersebut dihadiri Bupati dan Wali Kota se Kalbar. Diharapkan, pertemuan ini dapat meningkatkan sinergitas antar Kepala Daerah. Selain itu dapat pula bersama-sama mengembangkan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah.

Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Barat, Alfian mengatakan, pertemuan diseminasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama dalam pengembangan kompetensi ASN.

“Tujuannnya untuk memberikan pemahaman yang sama kepada tiap Kepala Daerah dalam pengembangan kompetensi ASN,” kata Alfian kepada wartawan usai kegiatan.

Menurut Alfian, pengembangan kompetensi tidak hanya melalui Diklat, tapi kegiatan non Diklat juga bisa untuk pengembangan kompetensi ASN. “Selama ini, pemahaman tentang pengembangan kompetensi hanya sebatas Diklat, padahal bisa dengan Non Diklat,” tambahnya.

Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN-RI, Taufiq mengungkapkan, saat ini telah terjadi perubahan paradigma pengembangan kompetensi ASN. Dulu diartikan dengan Diklat, tapi sekarang lebih kepada proses Learning Organization.

Learning Organization harus bisa mendukung strategi organisasi pemerintahan melalui inovasi yang berkompeten. “Organisasi Pembelajaran ini harus bisa mendukung strategi organisasi. Baik Pemerintahan Daerah maupun Pemerintahan Provinsi melalui inovasi dan terobosan yang berkompeten,” tambahnya.

Kedepannya, Kepala Daerah mesti mempromosikan ASN yang memiliki inovasi dan gagasan yang mendukung visi misi Pemerintah.

Laporan : Dwi Suprihadi

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...