PLUT Kalbar Bertekad Ekspor Produk Lokal

Suherman, PLUT Kalbar
Suherman

Netizen.media – Untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) siap menjadi ‘Rumah Sakit’ bagi para pelaku UMKM. Mereka bisa memanfaatkan PLUT sebagai wadah sharing dan konsultasi bisnis.

PLUT Kalbar menyediakan beberapa fasilitas pendampingan dengan tujuh konsultan bisnis. Yakni pendampingan pemasaran, pembiayaan, kelembagaan, jaringan kerja sama, produksi, dan informasi teknologi (IT).

“Kami berharap pelaku UMKM memanfaatkan fasilitas pendampingan yang kami sediakan. Karena PLUT adalah Rumah Besar bagi UMKM,” ujar Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-Koperasi UMKM Kalbar, Suherman, pada Rabu (31/07/2019) pagi.

PLUT Kalbar juga berkeinginan, pelaku UMKM responsive terhadap informasi-informasi yang diberikan. Update informasi dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, dan media massa.

“Ini adalah bentuk stimulus kepada para pelaku UMKM. Skemanya, jika dulu harus dilempar dengan ikan, sekarang kami sediakan pancingnya. Supaya tidak manja terus,” tambah Suherman.

Ke depan, PLUT Kalbar juga ingin pelaku UMKM di Kalbar bisa mengeskpor produk. Oleh sebab itu, PLUT membuat jembatan untuk para pelaku UMKM menjalin sinergitas dengan perusahaan ekspor.

“Untuk bisa melakukan ekspor, maka perlu terjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan ekspor. Kami sedang mengusahakan itu. Supaya produk dari pelaku UMKM Kalbar bisa go global,” gugah Suherman.

PLUT Kalbar mengharapkan, para pelaku UMKM segera mengurus legalitas produk. PLUT Kalbar berkomitmen untuk membantu, supaya pelaku UMKM bisa dengan mudah memasarkan produk di pasaran lokal maupun global.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...