Tiga Pemuda Bertekad Perbaiki Pertanian Kalbar

Tim Pontianak Agrolestari saat Studi Banding ke Petani Sukses Jahe Mempawah
Tim Pontianak Agrolestari saat Studi Banding ke Petani Sukses Jahe Mempawah, Netizen.media

Netizen.media – Resah terhadap masalah pertanian di Kalimantan Barat (Kalbar), Maya Putri, Filipa Stephani, dan Gilang Ridho bentuk Pontianak Agrolestari.

Keresahan ketiga pemuda tersebut disebabkan kondisi lahan tidur yang terbuka luas sedangkan usia produktif petani semakin menurun. Sehingga, akan berdampak pada kesejahteraan petani.

Ketua Pontianak Agrolestari, Gilang Ridho mengungkapkan hadirnya Pontianak Agrolestari diharapkan bisa turut andil dalam perbaikan pertanian di Kalbar.

“Kami berharap kehadiran Pontianak Agrolestari bisa mengobati keresahan atas kondisi pertanian di Kalbar,” kata Ridho ke Jurnalis Netizen.media, Selasa (06/08/2019).

Ia berpandangan bahwa sektor pertanian memiliki masa depan yang menjanjikan. Terlebih, Indonesia merupakan negara agraris.

“Didasari dengan pengetahuan tentang masa tanam hingga pemanenan, perkembangan sektor pertanian akan berbanding lurus dengan perkembangam sumber daya manusia,” tambahnya.

Maya Putri, Co Founder Pontianak Agrolestari mengatakan minat kawula muda terhadap kemajuan sektor pertanian sangat rendah. “Untuk itu kami mengajak para pemuda untuk terlibat dalam memajukan sektor pertanian di Kalbar,” kata Maya.

Maya menambahkan, bahwa dengan adanya Pontianak Agrolestari ditujukan untuk memotong rantai pasok antara tengkulak dan petani.

“Kami memiliki beberapa pilots project seperti budidaya jahe, terong asam, dan cabe. Selain sebagai konsultan pertanian, kami juga menjadi supplier dan distributor sayuran lokal, harapan kami rantai pasok petani ke tengkulak bisa terputus,” tegas Maya.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...