Anton: Upgrading Untuk Peningkatan SDM Pelaku UMKM

Konsultan Bidang SDM PLUT Kalbar, Anton Juniardi saat memberikan Bimtek kepada Pelaku UMKM
Konsultan Bidang SDM PLUT Kalbar, Anton Juniardi saat memberikan Bimtek kepada Pelaku UMKM. Foto: Dwi Suprihadi, Netizen.media

Netizen.media – Untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kalimantan Barat (Kalbar), perlu adanya upaya untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM. Dalam hal ini, melalui konsultan bidang SDM, PLUT ingin pelaku UMKM di Kalbar memiliki daya saing.

“Upaya yang kami lakukan adalah seperti konsultasi, upgrading, dan pelatihan mandiri,” ungkap Konsultan Bidang SDM, Anton Juniardi kepada Jurnalis Netizen.media, Rabu (07/08/2019) pagi.

Selama ini, SDM UMKM di Kalbar terbilang cukup baik. Sejak awal tahun 2019, tercatat sebanyak 400 UMKM telah mendaftarkan diri ke PLUT. Hal tersebut berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan Netizen.media.

Disisi lain, Anton berpandangan, kualitas SDM pelaku UMKM di Kalbar telah mengalami perubahan. Dulu pelaku UMKM sulit untuk diarahkan. Namun, sekarang pelaku UMKM lebih aktif mencari informasi.

“Kualitas SDM kita sudah mengalami perubahan yang cukup bagus, saat ini kawan-kawan UMKM sudah memiliki kesadaran untuk memenuhi kualitas standar produk melalui pengurusan perizinan,” ujar Anton.

Selain itu, bidang SDM PLUT Kalbar juga memiliki program yang disebut dengan Upgrading. Hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi pelaku UMKM di Kalbar agar terus melakukan inovasi-inovasi terhadap produknya.

“Untuk mencari akar dari kendala yang dihadapi pelaku UMKM, bisa dengan diskusi bersama kami. Selain itu, rutin mengikuti pelatihan yang kami adakan. Itulah yang kami sebut dengan upgrading,” jelas Anton.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...