Legalitas Tak Lengkap, Pelaku UMKM Sulit Pasarkan Produk

Konsultan Bidang Pemasaran PLUT Kalbar, Suherman bersama Pelaku UMKM
Konsultan Bidang Pemasaran PLUT Kalbar, Suherman bersama Pelaku UMKM. Foto: Dwi Suprihadi, Netizen.media

Netizen.media – Sebagai lembaga layanan usaha, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menyediakan tujuh layanan konsultasi usaha. Salah satunya yakni layanan konsultasi pemasaran.

Menurut Konsultan Bidang Pemasaran, Suherman, selama ini kendala pelaku UMKM Kalbar adalah sulit untuk memasarkan produk. Oleh sebab itu, melalui konsultan bidang pemasaran, PLUT Kalbar memberikan layanan konsultasi dan edukasi terkait pemasaran kepada pelaku UMKM.

Suherman mengatakan, pemasaran produk UMKM bisa dilakukan dengan mudah apabila produk sudah memiliki legalitas.

“Kendala lainnya yaitu terkait legalitas produk. Karena pernah terjadi pada UMKM binaan kami, ketika ada konsumen dari Malaysia ingin beli produk kita, tapi batal dikarenakan tidak ada sertifikat halalnya,” kata Suherman saat ditemui Jurnalis Netizen.media di gedung PLUT Kalbar, Rabu (07/08/2019) pagi.

Untuk memudahkan pelaku UMKM memasarkan produk, PLUT Kalbar menjalin kemitraan dengan pasar tradisional, pasar modern, dan pasar digital. Dalam hal ini, pelaku UMKM dijembatani PLUT Kalbar agar terhubung dengan pasaran.

“Produk UMKM harus bisa dipasarkan di pasar tradisional dan pasar modern. Selain itu, kami juga menjalin kemitraan dengan marketplace, supaya pelaku UMKM bisa punya toko online sendiri, sehingga memudahkan mereka memasarkan produknya secara luas,” tambah Suherman.

Salah seorang pelaku UMKM, Yosefa mengatakan hadirnya layanan konsultasi dalam bidang pemasaran sangat membantu omset penjualan. “Saya sejak awal konsultasi di PLUT, saya juga ikut pelatihan-pelatihan yang PLUT selenggarakan, berkat pelatihan-pelatihan itu, saya jadi paham bagaimana memasarkan produk, tidak Gaptek, dan omset penjualan saya meningkat,” tutur Yosefa, Owner Kopi Liberica.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...