LPPOM-MUI Minta Industri Kuliner Kalbar Miliki Sertifikat Halal

Direktur LPPOM-MUI Kalbar,Agus Wibowo Memberikan Sosialisasi Sertifikat Halal Produk
Direktur LPPOM-MUI Kalbar,Agus Wibowo Memberikan Sosialisasi Sertifikat Halal Produk. Foto: Dwi Suprihadi, Netizen.media

Netizen.media – Tingginya konsumsi dan minat usaha masyarakat terhadap kuliner, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) minta industri kuliner punya sertifikat halal. Agar produk-produk kuliner layak untuk dipasarkan dan dikonsumsi masyarakat.

Direktur LPPOM-MUI Kalbar, Agus Wibowo menjelaskan, ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam memproduksi produk kuliner. Yakni, bersumber dari bahan yang halal dan baik (tidak berbahaya), dan tidak terkontaminasi unsur haram dan najis (tempat, bahan, manusia, alat).

“Perlu diperhatikan cara produksinya, apakah sudah betul dengan cara yang halal dan baik, hindari bangkai, darah, babi, menyebelih tidak sesuai syar’i, khamr, dan lainnya,” jelas Agus kepada Jurnalis Netizen.media saat dijumpai di Aula UMKM Center, Rabu (07/08/2019) sore.

Selain itu, ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan sertifikat halal produk. Seperti, Kartu Tanda Pengenal (KTP/SIM/Paspor), Surat Izin Usaha, P-IRT, Surat Keterangan Laik Sehat, Mengisi Formulir, dan Manual Sistem Jaminan Halal.

Agus menambahkan, untuk mengeluarkan Sistem Jaminan Halal, LPPOM-MUI menerapkan beberapa kriteria berdasarkan HAS 23000. Yakni kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis untuk aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, audit internal, dan kaji ulang manajemen.

“Apabila salah satu dari kriteria tersebut tidak terpenuhi, sertifikat halal produk tidak bisa diterbitkan,” jelas Agus.

Agus ingin, industri kuliner dan UMKM di Kalbar sudah memiliki sertifikasi halal produk. Agar ketentraman konsumen dan ketentraman usaha dapat terjamin.

“Pengajuan sertifikasi bisa langsung mengunjungi Kantor LPPOM-MUI Kalbar, tepat di lantai bawah Masjid Mujahidin,” tutup Agus

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...