Aksi Damai Mahasiswa Tolak Beberapa RUU

Massa aksi Universitas Muhammdiyah Pontianak
Massa aksi Universitas Muhammdiyah Pontianak. Foto: Dwi Suprihadi/Netizen.media

Netizen.media – Sepakat menolak Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru disahkan DPR-RI bersama pemerintah, ribuan mahasiswa lakukan aksi damai di Kantor DPRD Kalbar, Rabu (25/09/2019) pagi.

Aksi massa tersebut disambut oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Suriansyah. Pihaknya pun menerima untuk audiensi beberapa perwakilan pimpinan setiap mahasiswa.

Dalam audiensi di Ruang Serba Guna DPRD Kalbar itu, setiap organisasi mahasiswa menyampaikan isu yang dibawa dalam aksi damai. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pontianak yang membawa isu penolakan terhadap UU KPK, RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan tindakan represif aparat. Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Pengemban Amanat Rakyat (Solmadapar) yang fokus pada penolakan UU KPK dan RKUHP.

Koordinator aksi Universitas Muhammdiyah Pontianak, Shirat Nurwandi mengatakan tuntutan lebih berfokus pada penolakan RUU Pertanahan dan RUU KPK.

“Kami menolak dan mendesak DPR RI dan Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan pengesahan RUU Pertanahan, yang dinilai sangat merugikan masyarakat, terutama para petani dan masyarakat adat. Begitu pula dengan RUU KPK”, kata Shirat.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...