Puskesmas Putussibau Utara Raih Bintang Empat, Ini Rahasianya

Laporan : Andre

Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ketika meninjau Puskesmas Putussibau Utara dalam rangka survei akreditasi. Foto: Dokumen Dinas Kesehatan Kapuas Hulu
Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ketika meninjau Puskesmas Putussibau Utara dalam rangka survei akreditasi. Foto: Dokumen Dinas Kesehatan Kapuas Hulu

Netizen.media – Luar biasa, Puskesmas Putusssibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu sukses meraih akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Bahkan salah satu Puskesmas di Bumi Uncak Kapuas itu tercatat sebagai satu – satunya Puskesmas di Kalbar yang sudah mendapat Akreditasi Paripurna atau Bintang IV.

“Setelah tiga tahun berlalu, Puskesmas Putussibau Utara disurvei ulang (resurvei) dari 27-30 Agustus 2019. Resurvei bertujuan untuk melihat proses pelayanan kesehatan tetap sesuai standart. Adapun hasil survei akreditasi perdana hasil Utama,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazarudin, Selasa (15/10/2019).

Sebelum meraih akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi FKTP, Puskesmas Putussibau Utara pernah disurvei perdana pada 2016 silam.

Adapun yang mendasari Puskesmas Utara meraih bintang empat dari Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes ini ialah karena salah satu Puskesmas paling ujung timur Provinsi Kalbar itu mampu mencapai standar yang telah ditetapkan dari aspek administari dan manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

Nazarudin menambahkan, untuk mempertahankan predikat Paripurna ini, Dinas Kesehatan akan melakukan pendampingan pasca akreditasi setiap 6 bulan kepada Puskemas Putussibsu Utara.

“Kemudian melakukan Bimbingan Teknis dan Monitoring Pelaksanaan Program-program dan kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas,” tambahnya.

Disamping itu, kata Nazarudin, perlu meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Puskesmas baik secara kualitas dan kuantitas, agar tetap sesuai dengan standar Pelayanan dan meningkatkan Sarana dan Prasarana Penunjang Pelayanan Kesehatan.

“Dengan diraihnya akreditasi Paripurna ini diharapkan Puskesmas yang ada di seantero Kapuas Hulu dapat terpacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” gugahnya.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...