Perempuan Kapuas Hulu, Ayo Deteksi Kanker Sejak Dini

 

Pengurus GOW Kapuas Hulu berfoto bersama Tim Puskesmas Putussibau Selatan. Foto: Andre/Netizenmedia
Pengurus GOW Kapuas Hulu berfoto bersama Tim Puskesmas Putussibau Selatan. Foto: Andre/Netizenmedia

Netizen.media – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan Sosialisasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Aula Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Putussibau Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Putussibau Selatan. Selain melakukan SADARI dan deteksi dini kanker payudara serta leher rahim, GOW juga melaksanakan pemeriksaan payudara klinis dan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hulu, Nyonya Silvia Pamero mengungkapkan, berdasar Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada Tahun 2018, terjadi peningkatan angka kematian terhadap penduduk Indonesia akibat penyakit tersebut.

“Kanker payudara dan kanker serviks sangat berbahaya. Itu data yang terdeteksi. Belum lagi yang tidak terdeteksi atau yang memang sedang menderita. Mulai dari stadium dua hingga stadium empat,” ungkap Silvia Pamero.

Melihat hal itu, kata Silvia, GOW Kapuas Hulu merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi mengadakan kegiatan tersebut. Supaya paling tidak, dapat mengantisipasi dan mendeteksi gejalanya secara dini.

“Kalau perempuan yang masih aktif menstruasinya, pemeriksaan payudara sendiri dilakukan satu bulan sekali. Yaitu seminggu setelah menstruasi. Jangan sampai terlambat berkonsultasi,” ingatnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr Dasmiati Olfah juga perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. Termasuk ibu-ibu Persit, Bhayangkari, Dharma wanita, Harpi Melati, Fatayat NU dan Aisyah, serta undangan lainnya.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...