Kepala Kemenag Kapuas Hulu: Santri Berperan Menjaga NKRI

Upacara memperingati Hari Santri Nasional di Putussibau, Kapuas Hulu. Foto: Andre/Netizenmedia

Netizen.media – Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu menggelar upacara memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019 di Putussibau, Selasa (22/10/2019). Momentum ini juga diisi berbagai pergelaran. Satu diantaranya atraksi bela diri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Syahrul menyampaikan, momentum upacara peringatan Hari Santri Nasional merupakan bagian dari semangat memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Melalui upacara ini, harapannya, kita bisa meningkatkan peran para santri dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu,” ucap Syahrul.

Ia mengaku, begitu mengapresiasi tema pada momen peringatan Hari Santri Nasional 2019. Yakni Santri Unggul, Indonesia Makmur.

“Kita sudah memiliki beberapa Pondok Pesantren. Kita upayakan melalui kegiatan seperti ini, akan menjadi motivasi untuk lebih maju. Juga menimbulkan daya tarik, sehingga anak tergugah untuk masuk pesantren,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kapuas Hulu, Zainudin mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini lebih semarak dan meriah.

“Tujuan dan harapan kami adalah untuk membangun mental. Supaya mereka lebih cinta dengan NKRI. Memiliki jiwa kebangsaan yang lebih matang,” ucap Zainudin.

Zainudin yang juga Ketua Forum Kerukunan Unat Beragama (FKUB) Kapuas Hulu ini menambahkan, saat ini pesantren terus menyesuaikan diri dengan perkembangan peradaban.

“Bahkan sekarang pesantren menjadi tujuan untuk menitipkan anak. Banyak pesantren sudah maju dan diminati. Untuk kita di Kapuas Hulu, ada pesantren yang cukup maju dan berkembang. Seperti di Tepuai,” tutup Zainudin.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.