Dinkes Kapuas Hulu Atur Sebaran Tenaga Kesehatan

Dinas Kesehatan Kapuas Hulu melaksanakan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja di Grand Banana Hotel, Putussibau, Rabu, 23 Oktober 2019.
Dinas Kesehatan Kapuas Hulu melaksanakan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja di Grand Banana Hotel, Putussibau, Rabu, 23 Oktober 2019. Foto: Andre/Netizen

Netizen.media – Demi memberikan pelayanan maksimal dan merata, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan analisis kebutuhan tenaga kesehatan di level Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Bersalin Desa (Polindes) seantero Kapuas Hulu.

Apabila sebaran tenaga kesehatan merata, diharapkan pelayanan kesehatan semakin mantap dan meningkat mutunya.

“Makanya hari ini kita melaksanakan kegiatan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) Dinas Kesehatan, untuk menghitung kebutuhan jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas berikut sebarannya. Seperti Pustu dan Polindes,” kata Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Melisa, usai Pertemuan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Rabu (23/10/2019).

Menurut Melisa, jika menggunakan standar Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014, tenaga kesehatan masih kurang. Untuk itu, menghitungnya harus menggunakan Analisis Beban Kerja.

“Kalau untuk kesehatan, Analisis Beban Kerja itu menggunakan aplikasi. Kita harus mengumpulkan. Berbeda dengan pejabat fungsional struktural. Memang sudah ada analisis jabatan sendiri. Khusus jabatan fungsional tertentu ini sudah ada apilkasinya dari Kementerian Kesehatan,” ujar Melisa.

Kegiatan tersebut diikuti tenaga kesehatan dari 23 Puskesmas se Kapuas Hulu. Ditambah Rumah Sakit Semitau, RSB Badau dan RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau.

“Kita berharap, dengan adanya kegaiatan ini. Nantinya ada pemerataan penempatan tugas. Mengisi kekosongan tenaga kesehatan di Puskesmas Pustu dan Polindes yang ada, supaya bisa terpenuhi,” demikian Melisa.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.