Festival Kayan Mendalam 2019, Menjaga Adat Budaya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Petrus Kusnadi membuka Festival Kayan Mendalam. Foto Andre Netizenmedia
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Petrus Kusnadi membuka Festival Kayan Mendalam. Foto: Andre/Netizenmedia

Netizen.media – Festival Budaya Kayan Mendalam Tahun 2019 dihelat di Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (23/10/2019). Festival ini dibuka dengan Tarian Kolosal dari 267 penari yang mewarisi Budaya Kayan Mendalam.

Festival budaya tahun ini mengusung tema: ‘Seni dan Budaya Kayan Mendalam Gerbang Pariwisata Daerah’. Dilangsungkan selama empat hari. Mulai 23 Oktober hingga 26 Oktober 2019.

Ketua Panitia Kegiatan, Yosep Lasah mengatakan, festival kali ini juga dimeriahkan dengan perlombaan lagu daerah. Juga lomba Sape, baik perorangan maupun beregu. Untuk anak-anak dan dewasa.

“Kemudian lomba membuat makanan tradisional, lomba sumpit putri perorangan dan beregu, lomba sastra lisan, lomba sampan, gasing dan lainnya,” ucapYosep Lasah kepada wartawan.

Lasah mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yang merespon undangan panitia. Meski berhalangan hadir dan digantikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua DPRD beserta Anggota. Serta seluruh lapisan masyarakat yang sudah berpartisipasi. Sehingga festival budaya Kayan Mendalam bisa terlaksana. Mari kita saling menjaga keamanan,” ujar Lasah.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, tatkala membuka kegiatan menyampaikan, mewakili Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, sangat mengapresiasi dan menyambut positif atas diselenggarakannya Festival Kayan Mendalam 2019.

“Kebudayaan tidak lepas dengan alam sekitar kita. Kami bangga disambut dengan budaya dan adat Kayan Mendalam yang sangat luar biasa. Masyarakat Desa Mendalam dan sekitarnya sangat konsen menjaga dan melestarikan alam,” ucap Kusnadi.

Kusnadi mengungkapkan, banyak tokoh besar lahir dari Kayan Mendalam dan mampu membesarkan nama Dayak. Salah satunya JC Oevang Oeray.

“Jadi kami menyambut baik apa yang sudah diselenggarakan ini. Sehingga selaras dengan visi misi Pemerintah Daerah untuk membangun Kabupaten Kapuas Hulu,” lugas Kusnadi.

Kusnadi juga mengaku bangga dengan generasi muda Kayan Mendalam yang begitu komitmen mempertahankan dan melestarikan seni budaya. Sebagaimana yang ditampilkan pada pembukaan festival, banyak diperankan dan diisi para anak-anak.

“Anak – anak begitu mencintai budaya. Dari kecil mereka sudah mahir memainkan Sape dan menari dengan baik. Ini sesuatu yang luar biasa,” kata Kusnadi.

Kusnadi berterima kasih kepada seluruh Kepala Desa yang telah mendukung kegiatan festival tersebut.

“Diharapkan bisa terselenggara terus menerus. Tidak ada orang lain yang bisa menjaga budaya kita, kalau bukan kita sendiri,” demikian Kusnadi.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...