Kehadiran Tenaga Kesehatan Kemenkes di Kapuas Hulu Sangat Membantu

Melisa
Melisa

Netizen.media – Usai mengabdi selama dua tahun di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, tenaga kesehatan Nusantara Sehat (NS) besutan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengakhiri masa tugasnya pada Oktober 2019.

Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan, Melisa mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu sudah resmi memulangkan tenaga Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan yang berjumlah 15 orang.

“Tim Nusantara Sehat Periode 3. Masing-masing dari Puskesmas Embaloh Hulu 5 orang, Puskesmas Batang Lupar 5 Orang dan Puskesmas Empanang 5 orang. Mereka sudah menyelesaikan tugas selama dua tahun di Kapuas Hulu,” ujar Melisa ditemui Jurnalis Netizen.media, Rabu (23/10/2019).

Setelah periode ini berakhir, Melisa menyampaikan, tim Nusantara Sehat akan tiba lagi pada 1 November 2019 mendatang. Dengan formasi tiga tim untuk menggantikan yang sudah pulang.

“Jadi yang dapat itu adalah Puskesmas Badau, Empanang dan Puskesmas Batang Lupar. Jumlahnya sama,” tambahnya.

Melisa menjelaskan, pola penugasan Nusantara Sehat Kemenkes itu ada dua. Yakni menggunakan tim dan individu. Untuk sistem tim, berjumlah masing-masing lima orang, dengan latar belakang dari tenaga kesehatan yang berbeda beda.

Ia berpandangan, kehadiran Nusantara Sehat di Kabupaten Kapuas Hulu ini telah berkontribusi besar dalam mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungannya.

“Mereka banyak membantu program kesehatan di daerah. Mereka juga membawa program kesehatan dari Kementrian Kesehatan secara khusus, dan harus mereka selesaikan selama dua tahun itu,” ulasnya.

Melisa menyebut, ada manfaat yang terasa nyata atas kehadiran tim Nusantara Sehat selama dua tahun di Kapuas Hulu. Khususnya di Kecamatan Badau, Desa Semunting. Masyarakatnya sudah memandang kebersihan lingkungan sebagai hal yang utama.

“Dengan adanya gerakan yang dilaksanakan oleh tenaga Nusantara Sehat ini, Desa Semunting Kecamatan Badau menjadi lebih bersih,” tutup Melisa.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...