Sutarmidji: Kapuas Raya Akan Segera Menjadi Provinsi Persiapan

Gubernur Sutarmidji berfoto bersama narasumber dan peserta Seminar Regional

Gubernur Sutarmidji berfoto bersama narasumber dan peserta Seminar Regional. Foto: Netizen.media

 

Netizen.media – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap Seminar Perencanaan Pembentukan Kapuas Raya dapat menjawab tanda tanya di masyarakat terkait tindaklanjut pemekaran provinsi baru.

“Untuk kesiapan PKR sebenarnya semua sudah siap, bahkan untuk lahan kantor pemerintahannya juga sudah disiapkan Pemkab Sintang. Tahun depan, kita akan mulai membangun fisik perkantorannya, dimana ini menjadi bagian dari persiapan pembentukan PKR dari Kalbar,” kata Sutarmidji saat ditemui jurnalis Netizen.media di Aula Pendopo Gubernur, Sabtu (02/11/2019).

Selain itu, Ia berharap semua pihak bisa satu suara. Jangan sampai ada lagi pihak yang tidak pro untuk pembentukannya.

“Dalam waktu dekat, saya bersama Ketua DPRD Kalbar nanti akan segera menemui Kepala PPOD, kita akan menyampaikan bahwa dalam UU nomor 23 bahwa prioritas pemekaran adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dan Kalbar merupakan salah satu provinsi tersebut,” jelasnya.

Menurut Sutarmidji, jika pembentukan Provinsi Kapuas Raya ini disetujui, dalam tiga tahun Provinsi Kapuas Raya akan menjadi provinsi persiapan. Untuk segala kebutuhan operasionalnya akan ditanggung oleh provinsi induk.

“Pagu anggarannya supaya jelas, PAD di 5 kabupaten itu akan dikembalikan 70 persen untuk biaya oprasional. Kenapa jumlahnya 70 persen, karena itu merupakan hak dari pemerintah daerah dan untuk pegawainya beda, gajinya sudah dihitung dan itu ditanggung oleh APBN,” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya, saat ini, Provinsi Kalbar memiliki luas kurang lebih 147.307 Km persegi yang terdiri dari 14 kabupaten dan kota. Terdapat lima kabupaten yang langsung berbatasan dengan negara lain dan memiliki panjang perbatasan sekitar 971 Km.

“Karena luasnya Kalbar satu sepertiga dari Pulau Jawa, kemudian Kabupaten Kapuas Hulu jauh lebih luas dari Provinsi Jawa Barat sehingga yang perlu dipikirkan bagi kita pemekaran Kalbar. Karena di provinsi lain yang memiliki luas lebih sedikit dari Kalbar bisa dimekarkan menjadi provinsi baru,” jelasnya.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...