Pemkab Kubu Raya Salurkan Rp3 Miliar Bosda

Dana Bos Kubu Raya

Netizen.media – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) untuk 326 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 86 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dana Bosda mulai disalurkan sejak Oktober hingga Desember 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya, Lugito mengatakan, dana Bosda yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya ‘meniru’ program Bosnas.

“Dana yang diberikan Pemkab Kubu Raya melalui Bosda ini guna membantu kegiatan yang tidak bisa diakomodir Bosnas. Atau ada Bosnas, tapi anggarannya kurang,” ucap Lugito usai menghadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 77 Tahun 2019 tentang Pembiayaan Pendidikan melalui Bosda Kubu Raya di Gardenia Resort, Rabu (4/12/2019).

Pemkab Kubu Raya mengganggarkan Rp3 miliar dana Bosda untuk SDN dan SMP di triwulan terakhir 2019. Sedangkan pada Tahun 2020, alokasi anggaran Bosda untuk SDN dan SMP di Kubu Raya mencapai Rp15 miliar.

Lugito menyampaikan, dana Bosda disalurkan Pemkab melalui transfer ke rekening masing-masing sekolah. Kepala Sekolah nantinya bisa melakukan pembelanjaan sesuai kebutuhan dengan mengacu kepada Juknis yang telah ditentukan.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, anggaran Bosda ini selain bisa digunakan untuk keperluan seragam sekolah dan kelengkapannya, nantinya bisa digunakan untuk keperluan nonfisik seperti kegiatan mulok, ekstrakulikuler hingga honor guru non PNS.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...