Begini Gerakan Bersih-bersih Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Netizen.media – Memperingati Hari Armada 2019, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (TNI-AL) mengadakan bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas. Kegiatan ini mengusung semangat “Ayo Peduli, Laut dan Sungaiku Terbebas dari Sampah”.

Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi menyampaikan, kegiatan tersebut digelar guna memperingati Hari Armada Republik Indonesia.

“Sesuai petunjuk pimpinan, kita  melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Salah satunya bersih-bersih Sungai Kapuas,” katanya.

Danlantamal XII Pontianak turut mengajak berbagai stakeholder. Mulai jajaran TNI-Polri hingga Forkopimda. Kapolda Kalbar, Gubernur yang diwakili Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Koni, dan beberapa tokoh masyarakat.

Sebelum bersih-bersih, Lantamal XII Pontianak melaksanakan survei. Dalam survei tersebut, masih ditemukan berbagai jenis sampah. Seperti sampah plastik dan limbah masyarakat yang hanyut di aliran Sungai Kapuas.

“Semuanya ngumpul jadi satu di sungai. Tenti ini sangat mengganggu,” ucapnya.

Selain bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas, Lantamal XII Pontianak juga melaksanakan kegiatan donor darah serta lomba mewarnai untuk anak-anak.

Adanya kegiatan ini, ia berharap, dapat menginisiasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bersama sama membangun Kalbar dan Kota Pontianak. “Supaya lebih sehat dan bahagia. Kami berharap itu,” lugasnya.

Sementara itu, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono berpandangan, kegiatan yang diadakan Lantamal XII Pontianak sangat positif, terutama inisiasi mengatasi persoalan kebersihan Sungai Kapuas.

Dia juga mengapresiasi langkah Lantamal XII Pontianak karena telah menjadi inisiator untuk mengkampanyekan kepada seluruh stakeholder maupun masyarakat untuk bersama menjaga Sungai kebanggaan warga Pontianak ini.

Kapolda Didi berpendapat, dengan membersihkan sampah yang ada di sungai kapuas, tentu juga berdampak besar bagi kehidupan masyarakat kedepan. Terutama soal kesehatan.

Ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar ke depan lebih memperhatikan sekaligus peduli dengan kebersihan Sungai Kapuas dari sampah. Menurutnya hal ini menjadi kepentingan bersama.

“Seperti yang kita tahu, kita punya Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Itu harus kita rawat bersama, karena tak mungkin hanya bisa mengandalkan satu pihak atau satu sektor saja. Harus ada dukungan dari seluruh masyarakat,” demikian Irjen Pol Didi.

my home
Berita Terkait
river x
Komentar
Loading...